Friday, October 29, 2010

Sedikit Upaya yang Bisa Banyak Menyelamatkan Lingkungan

Hal-hal kecil yang bisa Anda lakukan tetapi berdampak besar untuk menghentikan perubahan iklim.

1. Katakan tidak untuk pembungkus.
Jika ingin mengirim sesuatu melalui (paket) pos, bungkuslah dengan kertas koran bekas. Selain itu kurangilah pembelian (barang fisik secara) online untuk mengurangi penggunaan pembungkus.

2. Semakin besar semakin bagus.
Produk biasanya mempunyai beberapa ukuran isi. Pilihlah produk yang berkemasan paling besar demi lingkungan. Karena memilih ukuran yang paling besar bisa mengurangi penggunaan kemasan. Selain itu pilihlah produk yang mempunyai bahan baku ramah lingkungan.

3. Hindari perjalanan singkat berlebihan.
Selalu rencanakan perjalanan sehari-hari sebisa mungkin sehingga penggunaan mobil (dan kendaraan pribadi lain) bisa dikurangi. Membuat daftar lengkap untuk kegiatan belanja bisa menghindari Anda pergi terus menerus selama beberapa hari ke depan. Ternyata, mesin butuh lebih banyak bensi saat berada dalam keadaan dingin dan pada perjalanan singkat biasanya mesin berada dalam keadaan dingin. Bensi yang tidak terbakar secara efisien juga menghasilkan emisi gas rumah kaca yang lebih besar, yang sangat berdampak negatif pada lingkungan. Selain itu, sisihkan beberapa hari dalam sepekan untuk melakukan aktivitas dengan mengendarai sepeda, berjalan atau berlari.

4. Rayakan hari-hari istimewa dengan mindset menyelamatkan bumi.
Saat teman atau saudara merayakan hari istimewa seperti ulang tahun dan lain-lain, kirimkan surat elektronik dan bukan surat biasa. Saat ini sudah banyak penyedia surat ucapan selamat secara elektronik. Penggunaan surat elektronik bisa menghemat penggunaan kertas.

5. Bayar tagihan secara online.
Lakukan pembayaran tagihan online setiap memungkinkan untuk mengurangi pemakaian kertas dan emisi yang Anda hasilkan.

Dikutip dari: Buletin Greenpeace edisi Januari-April 2010.

No comments:

Post a Comment