Wednesday, October 6, 2010

Identitas Baru Blog Ini

Judul blog ini sekarang “wa annahuu huwa rabbussyi’ra”. Kalimat ini saya ambil dari Al Qur’an surat Annajm ayat 49 yang artinya kurang lebih “dan bahwasanya Dia-lah Tuhan (yang memiliki) bintang syi'ra”.

Saya mengutip ayat tersebut karena sepertinya lumayan bisa mencerminkan blog ini.

Pertama, secara zhohir kalimat tersebut merupakan kutipan teks agama. Beberapa bagian dari blog ini memang dimungkinkan untuk membahas isu-isu keagamaan. Walaupun tentunya tidak secara mendetail sebagaimana blog-blog para ustadz atau ulama.

Kedua, ayat tersebut menceritakan mengenai bintang syi’ra. Syi’ra adalah nama Arab dari Sirius. Saya memang menggemari astronomi dan beberapa bagian dari blog ini dimungkinkan untuk didedikasikan untuk artikel-artikel astronomi. Walaupun tentunya tidak secara mendetail sebagaimana blog para astronom.

Ketiga, ayat tersebut menegaskan bahwa bintang Sirius itu tak lain hanya ciptaan Alloh semata-mata. Pernyataan ini mematahkan tradisi pagan pada saat ayat ini diturunkan mengenai penyembahan bintang-bintang. Saya memang menggemari tema-tema paganisme, okultisme dan konspirasi. Beberapa bagian blog ini memang menjelaskan mengenai tema-tema tersebut.

Memang ada tema-tema yang tidak tercerminkan dalam ayat tersebut (misalnya tema mengenai keluarga, formula 1 dan lain-lain). Namun saya rasa tiga tema di atas sudah cukup mendominasi blog saya sehingga potongan ayat tersebut pantas dipakai sebagai identitas blog ini.

No comments:

Post a Comment