Thursday, January 27, 2011

Penampakan UFO di Banyumas

Gara-gara berita crop circle aku jadi ingat dulu waktu masih SD (dan atau waktu SMP) aku pernah melihat penampakan benda terbang tak dikenal di kampungku Banyumas.

Penampakan pertama terjadi waktu bulan Ramadhan kelas 4 SD. Waktu itu habis buka puasa aku mau berangkat ngaji dan tarawih di rumah Pak Sono (mengenai beliau silakan dibaca di sini). Di pertigaan depan rumah pak sono, aku dan beberapa anak yang juga mau ngaji menyaksikan bola api besar turun perlahan dari atas ke bawah di arah timur-timur laut. Besarnya kurang lebih seperti bulan waktu purnama. Bola api itu mengeluarkan cahaya terang yang berubah-ubah warnanya, ada merah, kuning, oranye, hijau, biru dan sebagainya. Aku dan teman-teman terus menyaksikan penampakan itu sampai bola api itu hilang di ufuk.

Seandainya penampakan itu terjadi sekarang, mungkin aku akan mengira bahwa bola api itu hanya sejenis kembang api atau balon api saja. Jaman sekarang memang kembang api dan balon api begitu bervariasi. Tapi kejadian itu tidak terjadi sekarang. tapi 21 tahun lalu di sebuah kota kecil di Jawa Tengah. Waktu itu yang ada hanya mercon. Kembang api yang ada hanya jenis yang dipegang dan air mancur.

Ditambah lagi kesaksian salah seorang temanku Mbodo (mengenai dia dapat dibaca di sini). Dia mengatakan bahwa dia melihat bola api itu melintas cepat sekali membelah langit. Kapan melintasnya apakah sebelum atau sesudah aku melihatnya turun, aku lupa rinciannya. Mbodo berkata bahwa bola api itulah yang disebut "Ndaru".

Kelas 6 SD, sebagian teman-temanku ada yang memiliki kebiasaan menginap di rumah guruku Pak Bambang (mengenai beliau bisa dibaca di sini). Salah seorang temanku itu pernah mengatakan bahwa dia juga pernah melihat bola api semacam Ndaru itu waktu malam-malam di rumah pak Bambang. Arah Ndaru itu kurang lebih di Timur Laut, yaitu di arah Sungai Serayu. Kata Pak Bambang, fenomena seperti itu sudah sering terlihat.

Penampakan UFO kedua terlihat olehku pada pagi hari. Aku lupa apakah waktu itu aku masih SD atau sudah SMP (soalnya SD dan SMP ku satu kompleks sehingga ingatanku kadang tercampur). Suatu hari aku berangkat sekolah seperti biasa. Sampai di halaman Masjid Nur Sulaiman Banyumas aku iseng memandang tegak lurus ke langit di atasku. Aku melihat sebentuk cerutu di langit. Bentuknya kurang lebih seperti ini:


Tidak ada sayap yang kulihat menempel pada bentuk cerutu itu. Tidak pula kudengar ada suara mesin. Benda tersebut kulihat stasioner di satu tempat di langit.

Aku memandang sambil terus berjalan menuju sekolah (maklum aku late boy. kalau berhenti-berhenti di jalan nanti bisa tambah telat sampai sekolah). Biar gak nabrak sekali-kali aku melihat jalan di depan dan berpaling dari benda terbang mirip cerutu di atas. Beberapa kali aku mengecek keberadaan benda itu. Sampai di depan Nur Sulaiman aku mengecek lagi. Ternyata benda itu sudah menghilang. Entah ke mana, aku cari ke semua penjuru tidak terlihat lagi.

Penglihatanku ini diperkuat dengan pengakuan Irwan (mengenai dia bisa dilihat di sini) yang mengaku melihat benda mirip cerutu itu juga waktu dia nongkrong di tugu alun-alun Banyumas pagi itu.

Walaupun sudah pernah melihat benda terbang tak dikenal, namun sebenarnya aku termasuk pihak yang skeptis terhadap alien. Sampai sekarang saya aku belum percaya keberadaan mahluk luar angkasa.
Lalu, bagaimana dengan penampakan yang aku lihat itu?
Penampakan pertama, bola api, kemungkinan bisa dikaitkan dengan aktivitas fisika tertentu di atas sungai serayu. Penampakan kedua, cerutu terbang, mungkin terkait pesawat atau balon udara jenis tertentu.

Wallahu a'lam

2 comments:

add-urls-pro said...

ndaru kuwi mas. nek ora ya keris apa tombak lagi saba. lha nek kemamang nang tengah sawah anu apa kuwe?

Admin said...

wah amantap i jebule

Post a Comment